DPD PAN Kota Tidore Mengaku Berkas Milik Siti Hardiyanti Palsu

- Wartawan

Senin, 28 Agustus 2023 - 12:21 WIT

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DPD PAN Kota Tidore Kepulauan Palsukan Berkas Bacaleg. (Rakyatmu)

DPD PAN Kota Tidore Kepulauan Palsukan Berkas Bacaleg. (Rakyatmu)

RAKYATMU.COM – Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara mengakui bahwa berkas milik Siti Hardiyanti, dipalsukan oleh pemegang Admin di Internal partai atas nama Ibnu Adnan Fabanyo.

Sekedar diketahui, Siti Hardiyanti merupakan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Nomor urut 6 Dapil III (Kecamatan Tidore Selatan dan Tidore Utara) dari PAN.

Ketua DPD PAN Kota Tidore Kepulauan, Umar Ismail, saat dikonfirmasi rakyatmu.com melalui via telepon, Senin, (28/8/23) mengatakan, alasan pemalsuan dokumen terhadap berkas Siti Hardiyanti, dikarenakan pihaknya telah mengetahui bahwa yang bersangkutan awalnya tidak bersedia untuk dicalonkan sebagai Anggota DPRD Tidore.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ia mengaku, mencantumkan nama dan foto orang lain karena saat itu, waktu pendaftaran juga sudah semakin mepet, sehingga admin memalsukan berkas Siti Hardiyanti untuk dimasukan dalam Daftar Calon Sementara (DCS), dengan pertimbangan untuk memenuhi kuota pencalonan di Dapil Tiga.

“Nanti, pada saat memasuki tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), baru yang bersangkutan akan digugurkan, karena dia (Siti Hardiyanti) dianggap tidak bersedia,” tukasnya.

Namun Ia beralasan tidak mengetahui pengurusan berkas Siti Hardiyanti karena dirinya hanya sebatas memberikan dana untuk admin, untuk melakukan pengurusan.

“Nanti sudah selesai baru saya tanda tangan untuk didaftarkan ke KPU,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan ini mengaku, bahwa selama proses pengurusan berkas pencalonan Siti Hardiyanti, tidak dibatalkan oleh instansi pengurusan berkas pencalonan.

BACA JUGA :  Malik Ibrahim Lengser dari Sekretaris DPW Partai NasDem Maluku Utara, Ini Penggantinya

“Sehingga berkas milik Siti Hardiyanti ini, dibuat oleh Admin tanpa berkoordinasi melalui lembaga yang berwenang, seperti RSD Kota Tidore untuk berkas Tes Kesehatan dan Narkoba, dan Pihak Polres untuk Dokumen SKCK,” ungkapnya.

“Saya taunya nanti pada saat polemik nama Siti Hardiyanti dan Foto yang dipasang itu berbeda, sehingga saya sudah menyuruh Admin dan salah satu pengurus ke Rumah pemilik Foto itu, untuk klarifikasi dan minta maaf,” ucapnya.

Untuk itu, Umar memastikan bahwa DPD PAN Kota Tidore Kepulauan, akan menggugurkan Caleg atas nama Siti Hardiyanti. Selain itu, Umar juga ikut menyentil kinerja KPU yang mungkin tidak teliti sehingga yang bersangkutan masih bisa diloloskan.

“Ini merupakan kekeliruan bersama, mungkin saat itu KPU tidak teliti sehingga yang bersangkutan masih diloloskan,” ujarnya.

Sementara terkait Sanksi atas kelalaian Admin dalam memalsukan berkas Siti Hardiyanti, Umar belum bisa bersikap tegas, sehingga dirinya masih akan kembali mempelajari aturan yang ada di internal Partai.

“Soal sanksi kepada Admin ini, saya akan kembali melihat aturan sesuai dengan AD/ART Partai, baru akan diputuskan,” tambahnya.

Terpisah, hal senada disampaikan Komisioner KPU Kota Tidore, Amirudin Ais, ia mengaku bahwa Caleg atas nama Siti Hardiyanti, telah memasukkan tanggapannya ke KPU pada Jumat lalu, dan yang bersangkutan tidak tahu tentang namanya dipakai untuk Pencalonan Anggota DPRD Tidore dari PAN.

BACA JUGA :  PAN Maluku Utara Konsolidasi Kemenangan Prabowo Subianto di Pilpres 2024

“Yang bersangkutan sudah memasukan tanggapannya, bahwa nama dia dicatut oleh DPD PAN Tidore, tanpa sepengetahuannya. Dan tanggapan yang bersangkutan ini sudah kami upload ke Silon,” jelasnya.

Lebih lanjut, Amir mengaku bahwa saat ini, sudah masuk tahap pencermatan DCS, sehingga tanggapan dari Siti Hardiyanti akan ditindak lanjuti.

“Kita akan menyurat ke Partai Politik untuk dilakukan klarifikasi, dan waktunya itu selama tiga hari, dimulai sejak tanggal 28 Agustus sampai tanggal 1 September 2023,” jelasnya.

Selain Siti Hardiyanti, Kata Amir, ada juga Mindrawati Hamid yang memasukan tanggapannya.

“Sebab nama Siti Hardiyanti menggunakan foto Mindrawati Hamid,” ucapnya.

Kedatangan Mindrawati ke KPU di pada Jumat kemarin, didampingi orang tuanya. Mindrawati merasa keberatan dengan Fotonya dipakai sebagai Caleg PAN.

“Soal dokumen yang digunakan oleh PAN terhadap berkas Siti Hardiyanti ini apakah Asli atau Palsu, itu sudah menjadi wewenang lembaga lain. Kami hanya bekerja sesuai dengan tahapan yang ditentukan,” pungkasnya.

Selain dua nama ini, ada juga salah satu Caleg dari Partai Gerindra nomor urut 11 atas nama Purnomo dari Daerah Pemilihan Dua, yang memasukan tanggapannya bahwa ia tidak bersedia untuk dicalonkan sebagai Anggota DPRD Tidore. (**)

Penulis : Aidar Salasa

Editor : Diman Umanailo

Berita Terkait

82 Persen Warga Ternate Apresiasi Kinerja Wali Kota
Benny Laos dan Tiga Bacalon Gubernur Maluku Utara Terjaring di Partai Perindo
KPU dan Bawaslu Minta Penyelenggara Tingkat Bawah Junjung Tinggi Netralitas Jelang Pilkada 2024
Hasil Survei: M. Tauhid Soleman Unggul Jauh dari 19 Nama Ini di Pilwako Ternate
Sahril Menunggu Empat Nama Ini Maju Pilgub Maluku Utara: Aliong Mus Belum Final
Lambat Proses Kasus Ketua KPU Tikep, Jainul: KPU Maluku Utara Sengaja Biarkan
Penuhi 20 Persen, MK-Bisa Rebut Kursi Gosale Puncak 
Deklarasi Relawan Barisan Aliong Mus, Bravo 24: Gabung Bangun Maluku Utara

Berita Terkait

Rabu, 19 Juni 2024 - 18:50 WIT

82 Persen Warga Ternate Apresiasi Kinerja Wali Kota

Rabu, 19 Juni 2024 - 16:22 WIT

Benny Laos dan Tiga Bacalon Gubernur Maluku Utara Terjaring di Partai Perindo

Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:30 WIT

Hasil Survei: M. Tauhid Soleman Unggul Jauh dari 19 Nama Ini di Pilwako Ternate

Sabtu, 15 Juni 2024 - 01:11 WIT

Sahril Menunggu Empat Nama Ini Maju Pilgub Maluku Utara: Aliong Mus Belum Final

Rabu, 12 Juni 2024 - 17:19 WIT

Lambat Proses Kasus Ketua KPU Tikep, Jainul: KPU Maluku Utara Sengaja Biarkan

Selasa, 11 Juni 2024 - 22:58 WIT

Penuhi 20 Persen, MK-Bisa Rebut Kursi Gosale Puncak 

Senin, 10 Juni 2024 - 20:17 WIT

Deklarasi Relawan Barisan Aliong Mus, Bravo 24: Gabung Bangun Maluku Utara

Senin, 10 Juni 2024 - 19:49 WIT

Maju Pilgub Maluku Utara, Begini Kesetiaan Capt Ali Ibrahim dengan Partai Perindo

Berita Terbaru

Hasil Survei Polmark Research Center. (PRC for Rakyatmu)

Ekopol

82 Persen Warga Ternate Apresiasi Kinerja Wali Kota

Rabu, 19 Jun 2024 - 18:50 WIT